Pada hari Sabtu, 27 April 2024 Program Studi Teknik Elektromedis Mengadakan Workshop “Introduction dan Maintenance Ultrasonografi”

Workshop aplikasi USG diselenggarakan untuk memberikan pelatihan praktis kepada elektromedis yang mempelajari atau meningkatkan keterampilan dalam mengoperasikan peralatan Ultrasonografi. Dengan terus berkembangnya teknologi medis, workshop ini membantu para profesional medis untuk untuk tetap mengikuti dengan perkembangan terbaru dalam peralatan Ultrasonogafi. Mereka dapat mempelajari tentang fitur-fitur baru, teknik pemeriksaan terkini, dan aplikasi klinis yang relevan.

Ultrasonografi atau USG merupakan suatu alat penunjang diagnostik di bidang kedokteran sebagai sarana pencitraan untuk mendiagnosa suatu penyakit.USG Mentransfer energi dari daya output mesin ke lapisan-lapisan tubuh yang diperiksa. Alat ini dapat mendeteksi organ dalam, otot, struktur organ dan tulang, serta adanya gangguan patologis.

USG sering digunakan oleh dokter spesialis kandungan (obstetri dan ginekologi) untuk mendeteksi janin pada kandungan ibu dan dokter spesialis radiologi untuk menemukan kelainan medis di organ dalam.

Worshop USG ini diadakan karena alat ini merupakan salah satu alat diagnostic dimana mempunyai teknologi yang selalu berkembang.
Tujuan :

  1. Memberikan pengetahuan tentang prinsip USG.
  2. Memberikan pemahaman mengenai cara pengoperasian, pemeliharaan dan perbaikan.
  3. Belajar berkomunikasi dengan tim dalam memecahkan masalah.